Tuesday, March 17, 2009

Beternak Anjing Golden Retriever

Beternak Anjing Golden Retriever

Anjing ras yang satu ini termasuk hewan rumahan yang jinak dan mudah perawatannya. Namun, banyak pihak yang ingin memiliki hewan ini baik di dalam negeri maupun mancanegara. Permintaan besar dan harga jualnya relatif stabil. Russanti Lubis

Golden Retriever. Sesuai dengan namanya, anjing yang asal usulnya dari Eropa tapi berkembang biak di Amerika Serikat (AS) ini, memiliki bulu keemasan (golden) dan sifat selalu mengembalikan kembali barang-barang ke empunya (to retrieve). Meski bertubuh besar, anjing yang memiliki warna dari sangat putih hingga cokelat ini dikenal sebagai binatang rumahan atau jenis anjing keluarga, mengingat sifatnya yang ramah sekali, sekali pun kepada orang yang baru beberapa detik dikenalnya. Namun, jika dilatih secara teratur, walau cuma lima menit per hari, anjing bertampang lucu tersebut juga dapat dimanfaatkan sebagai pelacak narkoba, bom, penuntun orang buta atau cacat, dan membantu pemburu menemukan binatang buruannya. Sebab, anjing yang mulai sering dijumpai di beberapa bandara ini dikenal pula sangat pintar.

“Karena kelebihan-kelebihannya itulah, saya membiakkan Golden Retriever,” kata Jani Lauw, breeder di bawah bendera Golden Castle Kennel sekaligus pemilik 30 Golden Retriever. Selain itu, anjing jenis ini sangat gampang dipelihara, karena mereka tidak banyak makan. “Semudah memelihara anjing kampunglah,” lanjut pria yang membiakkan anjing-anjing ini di kawasan Puri Indah, Jakarta Barat ini. Anjing ini juga tidak mempunyai penyakit keturunan. “Kemungkinan hidup anak-anak yang dilahirkan mencapai 99%,” imbuhnya. Oleh karena itu, tidak heran bila populasinya kini menempati peringkat pertama di Indonesia.

Uniknya, meski populasinya lebih banyak dari anjing-anjing ras jenis lain, tetapi harga pasarannya tidak jatuh, yaitu antara Rp750 ribu hingga Rp75 juta per ekor (plus sertifikat yang menjelaskan asal-usul mereka). Jumlah penggemarnya pun sangat banyak di negeri ini. Sekadar informasi, di AS, Golden Retriever yang pernah memenangkan suatu perlombaan (champion, red.) laku dijual dengan harga Rp3,5 miliar. Dengan kata lain, Jani menambahkan, pembiakan Golden Retriever merupakan peluang bisnis yang sangat menjanjikan, bahkan untuk skala perumahan sekali pun. “Contoh, peliharalah dua atau tiga betina Golden Retriever. Lalu, kawinkan dengan sistem kawin putus dengan pejantan dari breeder lain dengan biaya Rp750 ribu (normalnya Rp2,5 juta, red.) atau memakai sistem bagi anak. Dua bulan setelah dilahirkan, anakan Golden Retriever sudah dapat dijual ke pet shop. Hasil penjualan ini sangat menguntungkan, karena dengan harga minimal Rp1 juta/ekor, bila anakan yang dilahirkan delapan atau 10 ekor per induk (satu induk Golden Retriever mampu melahirkan 13 anakan, red.), maka sang breeder akan meraup minimal Rp8 juta sampai Rp10 juta setiap kali ia menjual binatang-binatang mungil ini. Perlu diingat! Golden Retriever betina mulai dikawinkan pada umur minimal 20 bulan, melahirkan setiap enam bulan sekali, dan tidak mengalami mati haid (menopause, red.) hingga ia mati pada umur sekitar 15 tahun. Di sisi lain, sebagai anjing berukuran besar favorit, peminatnya pun rela berada dalam daftar tunggu,” tegas pria yang pernah mengekspor Golden Retriever-nya ke India ini.


Sekadar informasi, dalam dunia perkawinan anjing terdapat dua sistem yaitu kawin putus dan bagi anak. Dalam sistem kawin putus, terdapat sejumlah uang yang harus dikeluarkan oleh breeder yang ingin menyewa pejantan. Selanjutnya, anak-anak anjing yang dilahirkan menjadi milik sepenuhnya si pemilik anjing betina. Sedangkan dalam sistem bagi anak, tidak ada uang yang dikeluarkan, tetapi pemilik pejantan akan mendapat satu dari sekian anak anjing yang dilahirkan. “Kalau anak yang dilahirkan cuma satu ya itu jatah si empunya pejantan. Selain itu, pemilik pejantan juga berhak untuk memilihnya terlebih dulu,” ucapnya. Di sini juga terdapat pawang anjing atau seseorang yang bertugas membantu proses perkawinan tersebut. “Sebab, jika menunggu terjadinya perkawinan alami akan butuh waktu hingga setengah hari atau bahkan tidak pernah terjadi perkawinan sama sekali. Sebaliknya, bila dengan pawang anjing hanya butuh waktu 15 menit sampai setengah jam. Untuk jasanya ini, pawang anjing dibayar Rp200 ribu per sekali mengawinkan,” jelasnya.

Ilustrasi Laba-Rugi Beternak Golden Retriever
Biaya untuk membeli 4 Golden Retriever betina @Rp1.000.000,- Rp 4.000.000,-
Biaya mengawinkan @Rp750.000,- Rp 3.000.000,-
Biaya makanan selama 20 bulan @Rp100.000,- Rp 2.000.000,-

Total Rp 9.000.000,-

Hasil penjualan 40 anakan Golden Retriever Rp1.000.000,- Rp40.000.000,-

Laba bersih Rp31.000.000,-


Breeder, Jani melanjutkan, pada umumnya menjual anakan Golden Retriever pada umur dua bulan, bukan karena pada umur segitu mereka sudah disapih (berhenti minum susu induknya, red.), melainkan karena mereka sedang berada di usia lucu-lucunya. “Padahal, bagi mereka yang baru belajar bagaimana caranya memelihara anjing, Golden Retriever yang baru berumur dua bulan sangat merepotkan dan masih sangat rapuh karena vaksinnya pun belum komplet, sehingga biasanya si pemilik akan malas mengurusnya dan rusaklah anjing ini, misalnya, ia tumbuh dengan kaki bengkok,” ujarnya. Sebab itu,sebaiknya mereka dijual ketika berumur empat bulan, dalam arti, mereka sudah lebih mudah diurus dan daya tahan tubuhnya pun sudah lebih baik. Di Tanah Air, umumnya anjing masih diberlakukan sebatas hewan peliharaan, belum menjadi bagian dari keluarga laiknya di mancanegara. Mungkin, ini lantaran kultur dan terbatasnya daya beli. Namun, di sisi lain, ada banyak pihak termasuk mereka yang tinggal di luar negeri rela mengantri untuk bisa mendapatkan sahabat setia manusia ini.
Bukankah ini peluang yang layak ditangkap?

sumber : majalahpengusaha

3 comments:

obat pembesar payudara herbal on February 2, 2013 at 11:27 PM said...

mksih infonya..

Unknown on May 13, 2014 at 4:10 AM said...

Bisnis Perawatan hewan peliharaan

Dewasa ini minat masyarakat untuk memiliki hewan peliharaan khususnya anjing amat meningkat,di surabaya hampir di semua perumahan mudah sekali kita mendengar dan melihat betapa banyak orang memelihara anjing.karna itulah bisnis perawatan hewan peliharaan semakin diperlukan untuk memenuhi kebutuhan para dog lovers,apalagi jika ditambah sedikit inovasi yang berbeda,contohnya adalah layanan perawatan anjing datang kerumah,dengan begitu para dog lovers tidak perlu keluar rumah untuk mengantar anjing kesayangannya ke pet salon,cukup telepon saja,maka perawatan anjing kesayangan bisa dilakukan dirumah,mulai mandi,pengeringan bulu,potong kuku,potong bulu,bersihkan telinga,mandi kutu dan lain sebagainya,proses perawatan juga bisa dilihat langsung oleh pemilik anjing sehingga hasil yang di dapat benar benar sesuai yang diinginkan.ditambah lagi dengan fasilitas penitipan anjing yang bersih dan bebas kutu sehingga para pemilik anjing tidak perlu bingung dan kuatir ketika akan bepergian.di surabaya meskipun berpeluang besar ,bisnis semacam ini belum banyak dilirik sehingga sangat ber peluang untuk berjalan dan sukses.
Saya sudah bekerja di bidang ini selama 9 tahun sampai saat ini,dan sekarang berancana untuk membuka bisnis di bidang yang sama namun dengan berbagai macam perbaikan,baik dalam segi pelayanan,kualitas dan juga kuantitas yang lebih baik dari tempat saya bekerja dan menimba ilmu sekarang ,disamping keinginan saya untuk mandiri juga karena saya sudah begitu mencintai pekerjaan ini juga hewan peliharaan khususnya anjing.untuk memulai usaha dibidang ini dengan serius diperlukan modal 300juta rupiah,dimana sebagian besar alokasinya adalah untuk properti,kendaraan dan peralatan.
Tujuan tulisan ini adalah agar para investor yang mempunyai dana untuk modal bisa mempertimbangkan alternatif bisnis yang menguntungkan,dengan sistem hasil fix dan bukan prosentase sehingga perhitungan keuntungan serta jangka waktu pengembalian modal menjadi jelas dan dapat diperhitungkan.proposal lengkap dan perhitungan lebih rinci tentang rencana alokasi dana,perhitungan pendapatan dan juga hasil,bisa saya jelaskan lebih terperinci kepada investor yang berminat menanamkan modalnya di bidang ini.apabila berkenan bisa menghubungi saya di nomor 081357788053.Best Regards !

Unknown on April 6, 2017 at 7:49 AM said...

Dijual anjing goldenwarna hitam besar. Umur 1.5 tahun. Harga 2jt. Hub 089516307706

 

Blogroll

Site Info

Text

Berbagai Macam Usaha Peternakan Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template